Palu Bagus! Apa yang Bagus di Palu, Sulawesi Tengah

ADAKAH yang bagus di Palu, Sulawesi Tengah? Ini pertanyaan seorang teman saya, yang spontan begitu mengetahui saya telah memutuskan pindah ke kota Palu, Desember 2007 silam. Waktu itu, saya menjawab sekenanya: "Peluang, itulah yang Bagus di Palu. Tapi ternyata, bukan hanya itu!
Rancangan yang terinspirasi Jembatan Palu sebagai Icon kota,
dirancang Fikri, seorang members @palu-bagus

Saya tentu harus berterima kasih kepada kawan ini, terutama pertanyaannya! Berkat pertanyaan itu, mendorong, atau tepatnya memaksa saya mencari dan menemukan yang Bagus di Palu. Alhamdulillah, saya menemukan banyak hal-hal Bagus. Benar kata natz kitab Injil: Carilah maka kamu akan mendapat! Saya ingin berbagi dua hal bagus berikut ini, pada kesempatan ini!

Listrik!
Saya tiba di Palu dalam kondisi listik masih sering padam. Ini memaksa warga kota memakai listik sehemat-hematnya. Warga terbiasa tidur nyeyak tanpa pendingan! Suhu udara dingin di malam hari, cukup membantu. Jika suhu menaik di pagi hari, mendorong orang bangun lebih dini!
Saya menemukan, warga kota lebih banyak menghabiskan waktu berkumpul dengan keluarganya di rumah masing-masing. Jarang ada yang keluyuran, bahkan sampai pagi, seperti di Jakarta atau Makassar! Ketika masalah listrik berhasil diatasi seperti sekarang ini, warga tetap pada kebiasaan menggunakan listrik, seperlunya! Itulah sisi Bagus dari terbatasnya aliran listrik. 

Angkot!
Saya pengguna Angkot di Palu. Dengan segera saya temukan perbedaan antara Angkot di Palu dengan daerah asal saya: Makassar. Jika di Makassar, angkot disebut Pete-pete,  di sini disebut Taxi. Pete-pete di Makassar punya jalurnya sendiri, di sini suka-suka sopirnya. Memang ada label jurusan  dipasang mencolok di depan dasbord, tetapi tidak pernah bisa dipatuhi.

Setiap kali menahan angkot, selalu dimulai dengan komunikasi. "Mau ke mana," sopir bertanya. Penumpang akan menyebut tujuannya. Dengan cepat sopir menentukan, apakah akan memuat atau tidak. "Maaf, belum lewat ke arah sana," kata sopir bila menolak.
Percakapan macam ini, tentu jarang terjadi di Makassar. Penumpang lebih aktif mencari nomor angkot yang melayani jaluar tujuan. Anda cukup mengancungkan tangan bila ingin menumpang, dan berteriak, "kiri" bila hendak turun!

 Jika dibandingkan dengan sopir pete-pete, sopir taksi di Palu  lebih terbiasa berpikir dan memutuskan cepat! Hal ini tentu Bagus buat mereka! Buat pemumpang, memang ada ektra time untuk membiarkan penumpang lain diantar ke tujuan, tatapi ada juga Bagusnya lho. Cerita dengan sesama penumpang jauh lebih panjang, Mereka juga diantar ke tujuan, tanpa perlu menyambung lagi!

Saya banyak dapat kenalan baru di Angkot, dengan praktik memulai Obrolan Kecil yang saya baca dari buku Seni Memulai Pembicaraan oleh Debra Fine dan Obrolan Yang Bikin Kamu Kaya, karya Don Gabor, terbitan Gramedia.

Memang belakangan, para sopir taksi di Kota Palu mengeluhkan berkurangnya penumpang. Penetrasi kendaraan roda dua yang luar biasa belakangan memang ikut menekan jumlah penumpang.Bagusnya, ini memaksa mereka, memilih spesialisasi. Misalnya, ada yang khusus mengantar anak-anak sekolah! Hanya keluar pada saat mengantar dan menjemput. Selebihnya melakukan aktiviti lain! Ada juga yang carter antar jemput karyawan swalayan, dan masih banyak lagi.

Saya tidak banyak menggunakan taksi benaran, yang disini disebut Argo! Biasanya 'terpaksa' naik Argo bila mengejar jadwal pesawat ke Bandara. Peranh suatu ketika saya disuguhi foto-foto slide gadis-gadis cantik di layar vidio yang tersedia di Argo. Rupanya, sopirnya berprofesi ganda! "Servis ekstra, Mas," begitu katanya!  Tapi, bagus juga idenya!

Palu Bagus!
Salah satu sudut The Hidden Paradise di Kadidiri, Togean Island.
Foto oleh Wulan, members @palubagus yang berkunjung ke sana baru-baru ini.
Belakangan ini, saya ikut komunitas Palu Bagus. Anggotanya anak-anak muda kota Palu yang ingin lebih mengangkat hal-hal bagus dari Palu, Sulawesi Tengah. Terutama, seni budaya, keindahan alam, kulinary, persaudaraan lintas budaya, pendidikan, kesehatan, penghijauan kota!

"Kami ingin lebih dikenal dengan hal-hal bagus, bukan melulu yang negatif," begitu kata mereka. Komunitas Palu Bagus punya laman di Facebook dengan members hampir seribuan. Ada juga akun @palu-bagus di Twitter , bahkan sudah memiliki laman Blog Palu Bagus di  MyOpera yang berisikan artikel-artikel potensi budaya dan pariwisata di provinsi Sulawesi Tengah.

Soal teror dan kekerasan yang belakangan jadi berita di media? Memang ada fakta soal teror, juga soal bentrok antarkampung! Tapi, seperti Anda tahu, berita media  cenderung melebih-lebihkan. Blow Up! 
Tapi, bagusnya kota Palu dan Sulawesi Tengah jadi diingat orang lagi! Bukankah, aksi-aksi teror  dan bentrokan itu salah satu bentuk mencari perhatian? Memang menakutkanlah bentrokan dan teror itu! 

Bagusnya, hal itu membangunkan banyak orang yang semestinya bekerja, justru tidur! Selain itu, kondisi ini menyadarkan kita semua, betapa penting dan berarti kita merawat kebersamaan yang sudah terbangun sejak dahulu di sini: Sulawesi Tengah yang dihuni hampir semua suku menjadi miniatur Indonesia di garis Khatulistiwa!  Dan, Komunitas Palu Bagus sudah memulainya, di saat yang Tepat!

Artikel ini untuk menyambut dan ikut memeriahkan Kopdar Blogger Nusantara tahun 2012,  yang akan dilaksanakan di Gedung LAN, Jalan Raya Baruga Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada tanggal 9 hingga 11 November ini.



Salam dari Palu

Step








Related Post




7 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf kalau postingan saya menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya saya berharap ada yang sama seperti saya.perkenalkan terlebih dahulu saya aini andari tinggal di Padang,dulu saya penjual kue keliling himpitan ekonomi yang membuat saya seperti ini,saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap usaha,pada suatu malam saya buka internet tidak sengaja saya lihat postingan seseorang yang sama seperti saya tapi sudah berhasil,dia dibantu oleh mbah bedjo tampa pikir panjang saya hubungi beliau saya dikasi pencerahaan dan dikasi solusi,awalnya saya tidak mau tapi sya beranikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar sekarang saya punya toko bangunan Jaya Abadi didaerah Padang,terimah kasih saya ucapkan pada mbah bedjo berkat beliau saya seprti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau mbah bedjo beliau orangnya baik ini nomor beliau 082316139285 atau ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

catherine william mengatakan...

Kami adalah organisasi hukum yang dibuat untuk membantu Orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.

Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan dalam kekacauan keuangan, dan Anda memerlukan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam lebih banyak Masalah dari lokal bank, hubungi kami hari ini melalui Email: di catherinewilliamloancompany@gmail.com

Email: catherinewilliamloancompany@gmail.com


Aplikasi pinjaman meliputi:

  Nama: _________
  Alamat: _________
  Negara: _________
  Okupasi: _________
  Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: __________
  Tujuan Pinjaman _________
  jangka waktu kredit__
  Penghasilan bulanan: _________
Telepon: _________

Silakan hubungi kami melalui e-mail

Email kami: catherinewilliamloancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Thanks for info, semoga semuanya selalu ada dalam lindungan Alloh. http://bit.ly/2wfsXyj

Mohammad Ismali mengatakan...

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Aksener mengatakan...

Apakah Anda membutuhkan Pinjaman 100%? Saya dapat melayani kebutuhan keuangan Anda dengan lebih sedikit masalah pengembalian karena itu kami mendanai Anda hanya 2%. apa pun situasi Anda, wiraswasta, pensiunan, memiliki peringkat kredit yang buruk, kami dapat membantu. Pembayaran fleksibel selama 3 hingga 20 tahun. Hubungi kami di: turkishloancompany@gmail.com

1 Nama Lengkap: ............................
2 Alamat Kontak: .......................
3 Jumlah Pinjaman: ....................
4. Durasi Pinjaman ...................
5. Nomor Telepon Langsung: .................

Salam,
Nyonya Aksener

Andika Enny mengatakan...

Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Andika Enny, TOLONG, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan sangat mendukung saya melalui ibu yang baik MARIA ALEXANDER. Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 40 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar sejumlah biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya Kabu layu yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu MARIA ALEXANDER, seorang pemberi pinjaman di perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu MARIA, jadi Saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ibu MARIA.

Saya mengajukan pinjaman 3 milyar Rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberi tahu untuk mendapatkan perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 3 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Mrs. MARIA ALEXANDER untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. MARIA melalui email: (mariaalexander818@gmail.com) atau (Whatsapp: + 1 651-243-8090) untuk pinjaman anda

Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya ANDIKA ENNY, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (andikaenny0@gmail.com)

Yeyes Ristintares mengatakan...

Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya memanggil keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau Whatsapp: + 1-585-326-2165 untuk Anda pinjaman

Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com

Posting Komentar