8 Foto Paling Dramatis Operasi Penyelamatan Penambang Chile


Saya menyaksikan melalui tayangan Metro TV tahap akhir drama penyelamatan 33 penambang yang terjebak selama 70 hari dari kedalaman 700 meter perut bumi. Sungguh mengharukan! Bangsa Chile dipimpin Presiden Sebastian Pinera (hadir bersama Istrinya menyambut sambil merangkul satu persatu penambang dengan hangat penuh haru) larut dalam histeria. Mereka baru saja menyaksikan keajaiban dari perjuangan manusia, di mana kehidupan telah mengalakan kematian.
Inilah 8 foto paling dramatis dari misi penyelamatan ini diyakini Presiden Sebastien Pinera sebagai momen yang mengubah negaranya.

"Kami takkan pernah sama lagi. Chile kini lebih bersatu dan kuat. Dunia juga lebih menghargai kami," kata Pinera, setelah penambang terakhir keluar dari kapsul penyelamat dari kedalaman 610 meter setelah operasi yang berlangsung selama 22 jam itu.
Pinera menunggu kapsul Phoenix yang membawa para penambang satu persatu dan menjadi orang pertama yang memeluk mereka sebelum keluarga masing-masing. Misi penyelamatan yang mendapat apresiasi sejumlah pemimpin dunia ini menjadikan Pinera sebagai pahlawan di mata rakyatnya.






Drama penyelamatan di Chile akan menginspirasi dunia. Dua hari lalu, di Morowali, SulawesiTengah 11 orang tewas tertimbun longsor. Hanya berselang beberapa hari peristiwa banjir Wasior di Papua yang menewaskan puluhan warga. Kehadiran Presiden Chile sebagai simbol pemimpin dalam penyelamatan pekerja tambang telah menjadi dukungan psikologis yang luar biasa.
Di Palu, operasi penambangan emas yang telah berlangsung semarak di areal pertambangan emas Poboya sudah banyak memakan korban. Karena mengabaikan keselamatan mereka tewas terjebak di dalam tanah. Kita harus bisa belajar dari Chile.

Related Post




2 komentar:

rizal mengatakan...

saya setuju dgn presiden chili sebastien pinera, setiap manusia berharga, kita hidup untk bisa menghidupkan yang lain

akudeena mengatakan...

Wkwkkwwk mbah togel

Posting Komentar